Makalah IPA Amida Turunan Asam Karboksilat

makalahku10Makalah IPA Amida Turunan Asam Karboksilat

Asam Karboksilat

LATAR BELAKANG
    A.    Pendahuluan
Asam karboksilat adalah segolongan senyawa organik yang dicirikan oleh gugus karboksil. Gugus karboksil mengandung sebuah gugus karbonil dan sebuah gugus hidroksil. Rumus umum dari asam karboksilat yaitu RCOOH, dimana –COOH adalah gugus fungsi karboksilat yang menandai sifat keasamannya sedangkan R dapat berupa hidrogen, gugus alkil atau gugus aril. Asam karboksilat tergolong asam karena senyawa ini mengion dalam larutan, menghasilkan ion karboksilat dan proton. 
Asam karboksilat memeiliki beberapa turunan. Diantaranya adalah Ester, Halida asam karboksilat, Anhidrida asam karboksilat,  Amida dan Nitril.Pada makalah ini akan dijelaskan salah satu  turunan asam karbosilat yaitu amida.

Amida sering digunakan untuk identifikasi asam organik dan identifikasi amina. Persiapankomersial amida melibatkan dehidrasi garam ammonium termal asam karboksilat.
BAB II.
TINJAUAN PUSTAKA
A.    Amida
Amida adalah suatu senyawa yang mepunyai suatu nitrogen trivalen yang terikat pada suatu gugus karbonil. Suatu amida diberi nama dari nama asam karboksilat induknya dengan mengubah imbuhan asam (-oat atau -at) manjadi amida. Didalam gugus fungsi amida, atom nitrogen terikat pada gugus karbonil. Jika dua ikatan bebas atom nitrogen mengikat amida, maka senyawa itu disebut amida sederhana. Jika salah satu atau kedua ikatan bebas atom nitrogen mengikat gugus alkil atau gugus aril, senyawa yang demikian disebut amida tersubstitusi. Gugus karbonil dan ikatan nitrogen dihubungkan sebagai ikatan amida. Ikatan ini sangat stabil, dan ditemukan unit perulangan molekul protein dan produk – produk polimer lainnya.

Amida mempunyai sifat fisik yaitu berbentuk padat kecuali formamida yang berbentuk cair, tidak berwarna dan larut dalam pelarut-pelarut organik.Amida dapat dibuat dengan `          mereaksikan ester dengan amoniak cair, tetapi reaksi ini berjalan dengan lambat dibandingkan dengan reaksi antara halida asam atau anhidrida dan ammonia. Selain dari ketiga reaksi diatas, senyawa amida dapat juga diperoleh dengan mereaksikan asam karboksilat dengan ammoniak encer sehingga terbentuk garam ammonium yang kemudian dipanaskan sampai terjadi dehidrasi untuk menghasilkan amida.

Unduh dan Baca Makalah diatas selengkapnya [ DISINI ]
Baca makalah lainnya tentang MAKALAH BLOK 17 MUSKULOSKELETAL

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makalah IPA Amida Turunan Asam Karboksilat"