Makalah terlengkap dan terupdate makalahku10 - Unduh Contoh Makalah Laporan Hasil Observasi
Simak Selengkapnya Contoh Makalah Laporan Hasil Observasi
Unduh juga Makalah Perkembangan Pendidikan Karakter Di Beberapa Bangsa
Unduh juga Makalah Perkembangan Fisik Usia Remaja
Hasil Observasi |
1.1 LATAR BELAKANG MASALAH
Era baru dalam dunia pendidikan,
yaitu diperlukannya reformasi pendidikan yang berkaitan erat dengan sistem
informasi yang dibutuhkan dalam pengembangan dunia pendidikan. Konsep ini
memiliki nuansa bagaimana dunia pendidikan berusaha menggunakan perangkat
komputer, yang dapat di aplikasikan sebagai sarana komunikasi untuk
meningkatkan kinerja dunia pendidikan secara signifikan
Sistem informasi manajemen marupakan
sistem operasional yang malaksanakan
beraneka-ragam fungsi untuk menghasilkan luaran yang berguna bagi pelaksanaan
operasi dan manajemen organisasi yang bersangkutan. Penerapan sistem informasi
manajemen pada kehidupan sehari-hari kini makin banyak dijumpai. Selain seperti
pada bisnis, perbankan, pemerintahan, ataupun perhotelan. Dalam dunia
pendidikan (SIMDIK) pun sistem informasi manajemen serta teknologi informasi
sangatlah mendukung untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Penggunaan sistem informasi
manajemen sekolah tidak hanya sebagai proses otomatisasi terhadap akses
informasi, tetapi juga menciptakan akurasi, kecepatan, dan kelengkapan sebuah
sistem yang terintegrasi, sehingga proses organisasi akan berjalan dengan
efisien, terukur dan fleksibel.
Di dunia pendidikan, banyak sekali
lembaga pendidikan yang berhasil mengembangkan teknologi informasi dalam
mendukung proses pembelajarannya, baik di dalam maupun di luar negeri sehingga dapat mengadopsi pola pembelajaran
yng lebih mudah, cepat, memiliki nilai tambah serta inovatif dalam mencari
formulasi baru untk memberikan tambahan ilm maupun keterampilan bagi peserta
didiknya. Sekolah yang melakukan pelayanan terhadap siswa merupakan institusi
yang sangat membutuhkan kehadiran teknologi informasi sebagai pendukung
peningkatan kualitas pelayanan.
Selain itu demi mendukung kelancaran
aktivitas perangkat sekolah dalam berkomukasi, baik dengan pihak intern sekolah
maupu dengan pihak ekstern sekolah, perlu adanya hubungan yang baik antara
sekolah dengan masyarakat. Hal ini pun bisa menjadi penentu persentase suatu
sekolah.
1.2 PEMBATASAN MASALAH
Karena pembahasan dari
Sistem Informasi Manajemen dan Hubungan Sekolah dengan Masyarakat amat luas,
maka penulis membatasi permasalahan yang akan dibahas pada laporan observasi
ini yaitu :
1.
Konsep dari sistem informasi manajemen.
2.
Konsep dari Hubungan atau kerjasama
seklah dengan masyarakat
3.
Bagaimana system informasi manajemen
yang dikelola di SMK Pasundan 3 Bandung
4.
Bagaimana hubungan sekolah yaitu SMK
Pasundan 3 Bandung dengan masyarakat.
1.3 TUJUAN
Tujuan penulis membuat laporan ini adalah untuk:
1.
Untuk memenuhi tugas mata kuliah
Pengelolaan Pendidikan.
2.
Sebagai penambah pengetahuan dan wawasan
tentang analisa system informasi yang berjalan dalam suatu sekolah serta
mengetahui bagaimana hubungan suatu sekolah dengan masyarakat,
1.4 METODE OBSERVASI
Metode yang
digunakan untuk mendapatkan data-data dan informasi tentang manajemen sistem
informasi dan mengenai
hubungan sekolah dengan masyarakat SMK Pasundan 3 Bandung perpustakaan
ialah dengan wawancara kepada pihak yang bersangkutan. Selain dengan
metode wawancara kami juga mendapatkan informasi dari website SMK Pasundan 3 Bandung.
BAB II
PROFIL SEKOLAH
2.1 Sejarah Singkat
SMK
PASUNDAN 3 BANDUNG merupakan tingkat satuan pendidikan di bawah naungan Yayasan
Pendidikan Dasar dan Menengah (YPDM) Pasundan yang telah lama berkiprah dalam
memajukan pendidikan di Jawa Barat dan Banten. SMK PASUNDAN 3 BANDUNG berdiri
pada tahun 2005 dengan membuka tiga kompetensi keahlian yaitu Akuntansi,
Administrasi Perkantoran, dan Multimedia dengan status TERAKREDITASI " A
" (AMAT BAIK) pada tahun 2008.
Untuk
memenuhi kebutuhan pasar tenaga kerja, dibutuhkan sumber daya manusia yang
memiliki keahlian, profesional, produktif dan mandiri, karena itulah SMK
PASUNDAN 3 BANDUNG berupaya mempersiapkan lulusan agar senantiasa terserap di
dunia kerja maupun melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi sesuai bidang
keahliannya.
2.2 Visi SMK Pasundan
3 Bandung
Menjadi lembaga
pendidikan tingkat menengah yang berbudaya dan menghasilkan sumber daya manusia
unggul, berwawasan global, profesional, kompeten, serta mampu bersaing di pasar
nasional maupun internasional.
2.3 Misi SMK Pasundan 3 Bandung
Melaksanakan
pendidikan dan pelatihan yang berwawasan keunggulan dengan ciri khas budaya
daerah untuk menghasilkan tamatan yang bertaqwa, berbudaya, mempunyai unjuk
kerja dan kemampuan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kehidupan
bermasyarakat.
BAB III
KERANGKA MATERI
3.1 SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENDIDIKAN
Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (SIMDIK) adalah
sebuah sistem informasi untuk kebutuhan manajemen lembaga pendidikan dalam hal
ini adalah sekolah, yaitu TK, SD, SMP, dan SMA. SIMDIK dikembangkan secara
terpadu dimulai dari proses operasional pendaftaran siswa baru, proses
akademik, pengelolaan keuangan, sampai operasional siswa menjadi alumni.
SIMDIK merupakan proses operasional sekolah. SIMDIK juga
dirancang sesuai dengan standar JARDIKNAS. Segala kebutuhan pelaporan dari
sekolah ke Dinas Pendikan Daerah maupun untuk kebutuhan Depdiknas dapat dilakukan
dengan mudah. Dengan adanya SIMDIK manajemen pendidikan menjadi lebih mudah dan
terkontrol
Dalam menghadapi globalisasi, sistem informasi semakin
dibutuhkan oleh lembaga pendidikan, khususnya dalam meningkatkan kelancaran
aliran informasi dalam lembaga pendidikan, kontrol kualitas, dan menciptakan
aliansi atau kerja sama dengan pihak lain yang dapat meningkatkan nilai lembaga
pendidikan tersebut.
3.1.1 Pengertian Sistem Informasi Manajemen
Sistem informasi
manajemen (SIM), dalam bahasa
Inggris:management information system (MIS) adalah bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen,teknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk
memecahkan masalah bisnis seperti biaya produk, layanan, atau suatu strategi
bisnis.
Sistem
informasi manajemen, istilah yang umum dikenal orang adalah sebuah
sistem manusia/mesin yang terpadu (intregeted) untuk menyajikan informasi guna
mendukung fungsi operasi, manajemen, dan pengambilan keputusan dalam sebuah
organisasi. Sistem ini menggunakan perangkat keras (hardware) dan perangkat
lunak (software) komputer, prosedur pedoman, model manajemen dan keputusan, dan
sebuah “data base”.
Sistem
informasi manajemen dibedakan dengan sistem informasibiasa karena SIM digunakan untuk menganalisis
sistem informasi lain yang diterapkan pada aktivitas operasional organisasi.
Secara akademis, istilah ini umumnya digunakan untuk merujuk pada kelompok
metode manajemen informasi yang bertalian dengan otomasi atau dukungan
terhadap pengambilan keputusan manusia, misalnya sistem
pendukung keputusan, sistem pakar, dan sistem informasi eksekutif.
Dari uraian diatas dapat
disimpulkan, Sistem informasi manajemen adalah suatu sistem yang dirancang untuk menyediakan informasi guna mendukung
pengambilan keputusan pada kegiatan manajemen (perencanaan, penggerakan,
pengorganisasian, dan pengendalian) dalam organisasi.
Sistem informasi manajemen merupakan
keseluruhan jaringan informasi yang ditujukan kepada pembuatan
keterangn-keterangn bagi para manajer dan para pengguna lainnya yang berfungsi
untuk pengambilan keputusan atau kebutuhan lain dalam cakupan organisasi
ataupun perorangan. informasi itu sendiri, merupakan data yang telah diolah,
dianalisis melalui suatu cara sehingga memiliki arti dan makna (worth). Sedangkan data adlah fakta, atau
fenomena yang belum dianalisis, seperti jumlah, angka, nama, lambang yang
menggambarkan suatu obyek, ide, kondisi ataupun situasi.
Hal-hal
yang perlu mendapat perhatian dalam SIM, adalah sebagai berikut.
1. Perlu
diidentifikasi jenis-jenis informasi yang dibutuhkan.
2. Perlu
ditentukan sumber data dan informasi yang dibutuhkan.
3. Perlu
ditentukan siapa yang membutuhkan informasi dan kapan.
4. Perlu
dikomunikasikan informasi itu secara tepat, terpercaya kepada para pengguna.
Ada beberapa persyaratan agar informasi
yang dibutuhkan itu dapat berfungsi, bermanfaat bagi para pengambil keputusan
dan pengguna lainnya, yaitu uniformity, lengkap, jelas, dan tepat waktu.
Konsep sistem informasi manajemen
memiliki beberapa karakteristik, yaitu sebagai berikut.
1. Dalam
suatu organisasi terdapat satu bagian khusus sebagai pengelola SIM.
2. SIM
merupakan jalinan lalu lintas data dan informasi dari setiap bagian di dalam
organisasi yang terpusat di bagian SIM.
3. SIM
merupakan jalinan hubungan antar bagian dalam organisasi melalui satu bagian
SIM.
4. SIM
merupakan segenap proses yang mencakup: pengumpulan data, pengolahan data,
penyimpanan data, pengambilan data, dan penyebaran informasi dengan cepat dan
tepat.
3.1.2 Pengertian Sistem Informasi Manajemen Pendidikan
Ada
beberapa pengertian tentang Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (SIMDIK) diantaranya,
yaitu :
a)
SIMDIK
atau yang disebut SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DAN PENDIDIKAN adalah suatu sistem
data sekolah berbasis ITC dimana segala data base sekolah bisa tersimpan dengan
aman serta dapat terkoneksi mela lui
suatu server.
b)
SIMDIK adalah
sebuah sistem informasi untuk kebutuhan manajemen lembaga pendidikan dalam hal
ini adalah sekolah. Sekolah yang dapat di cover dengan SIMDIK ini adalah
sekolah TK, SD, SMP, SMA dan sederajat.
c)
Sistem
Informasi Manajemen Pendidikan merupakan perpaduan antara sumber daya manusia dan
aplikasi teknologi informasi untuk memilih, menyimpan, mengolah, dan mengambil
kembali data dalam rangka mendukung kembali proses pengambilan
keputusan bidang pendidikan. Data-data tersebut adalah data empiris atau
data/fakta sebenarnya yang benar-benar ada dan dapat dipertanggung jawabkan
kebenarannya.
Dengan
mempertimbangkan uraian-uraian di atas dapat dikemukakan definisi alternatif
sistem informasi manajemen pendidikan, yakni: sistem, yang terdiri dari
sekelompok orang, pedoman, dan perangkat pengolah data, yang memantau dan
mengambil kembali data dari lingkungan, yang memperoleh data dari transaksi dan
operasi dalam organisasi, dan yang menyaring, mengatur, dan memilih data serta
menyajikannya sebagai informasi kepada para pemangku kepentingan
pendidikan/sekolah, terutama bagi para manajer pendidikan pada semua level dan
fungsi organisasi, untuk mendukung pengambilan keputusan dalam menjalankan
fungsi-fungsi manajemen, untuk mendukung komunikasi, dan untuk mendukung
kegiatan operasional, termasuk di dalamnya kegiatan instruksional.
3.1.3 Cakupan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan
(SIMDIK)
Ruang Lingkup SIMDIK Back-office :
a)
Koneksi
dan setting,
Identitas sekolah, setting tahun ajaran, seting kurikulum, koneksi database,
dan format tanggal.
b)
Pengelolaan
Kesiswaan,
Pengelolaan biodata masing-masing siswa, beasiswa, kasus kedisiplinan, data
kesehatan, data periksa, prestasi, perpindahan (mutasi) siswa, sampai
pengelolaan data alumni.
c)
Pengelolaan
Akademik, Laporan
nilai hasil ujian secara periodik, data nilai KTSP, data nilai KBK, data
absensi, data bimbingan dan penyuluhan, data kasus siswa, rencana pengajaran,
pengelolaan mata pelajaran, penjadwalan, dan prestasi akademik.
d)
Pengelolaan
Guru dan Karyawan,
Manajemen biodata guru dan karyawan, data keluarga, riwayat pendidikan,
pendidikan tambahan(kursus, training, seminar, workshop dsb).
e)
Pengelolaan
Keuangan,
Manajemen pembayaran biaya pendidikan, administrasi dana BOS (Bantuan
Operasional Sekolah)dan penggunaannya, biaya tambahan, seperti : biaya
praktikum, biaya ekstra, dll.
f)
Pengelolaan
Perpustakaan,
Pengelolaan buku (judul, kategori & deskripsi), status keanggotaan dan
peminjam, stock inventory, Jurnal keluar masuk buku, laporan-laporan terdiri
dari : statistik peminjaman, statistik keluar masuk buku, rekap peminjaman, dan
rekap pengembalian.
g)
Pelaporan, Pelaporan siswa (induk siwa,
kesehatan, periksa kesehatan, biasiswa, kasus, dan bimbingan) per siswa, per kelas
dan seluruh siswa, pelaporan guru/pegawai (induk pegawai, bidang pengajaran),
rencana pengajaran, nilai, kelulusan, statistik dan laporan ke DEPDIKNAS (data
sekolah, siswa dan guru)
h)
Bank
Soal, Pengolahan data bank soal,
penyimpanan soal,pencarian dan pencetakan
3.1.4
Tujuan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (SIMDIK)
Tujuan dari dibangunnya informasi
berupa aplikasi Sistem Informasi Pendidikan adalah:
a) Membantu seluruh bagian yang
berperan di dunia pendidikan dengan memberikan
informasi yang menyeluruh tentang pendidikan dari tingkat sekolah dasar hingga
sekolah menengah umum atau yang setara dengannya.
informasi yang menyeluruh tentang pendidikan dari tingkat sekolah dasar hingga
sekolah menengah umum atau yang setara dengannya.
b) Memberikan sarana agar seluruh
bagian yang berperan dalam dunia pendidikan yang ada di propinsi / kota
kabupaten agar dapat berperan aktif dalam usaha memajukan usaha pendidikan.
c) Pertanggungjawaban publik yaitu
dengan memberikan informasi secara trasparan tentang kebijakan dan pemakaian
sumber daya yang dialokasikan untuk dunia pendidikan.
d) Meningkatkan pengetahuan guru dan
murid tentang dunia informatika serta manfaat yang dapat diambil melalui
beberapa pelatihan.
e) Memberikan akses informasi yang
mudah dan lengkap bagi pendidik dan siswa mengenai ilmu pengetahuan dan
informasi pendidikan lainnya.
3.1.5 Nilai Lebih Sistem Informasi Manajemen
Pendidikan (SIMDIK)
Keunggulan dari sistem ini adalah :
a) Sesuai standar JARDIKNAS (Departemen
Pendidikan Nasional), sehingga pembuatan laporan dari masing-masing sekolah
maupun dari Dinas Pendidikan dapat dengan mudah dan cepat di sampaikan tanpa
harus membuat laporan ulang dan tanpa harus mencetak laporan, hal ini karena
format laporan dan jaringan sudah disesuaikan dan menggunakan konsep
singkronisasi online.
b) Kemudahan dan kecepatan proses
pengolahan, penyimpanan, pencarian, pelaporan data dan informasi yang dibutuhkan.
c) Dikembangkan secara integrated untuk
kebutuhan administrasi akademik sekolah.
d) Sistem dapat disesuaikan dengan
kebutuhan lembaga/institusi pendidikan terkait.
Keuntungan SIMDIK yang diperoleh
sekolah, yaitu :
a) Dapat memantau perkembangan
pendidikan siswa secara akurat
b) Dapat meningkatkan pelayanan di
bidang pendidikan kepada masyarakat secara akurat.
c) Dapat menyimpan database sekolah
mulai dari data siswa,guru serta karyawan yang terdiri dari data akademik,
sistem kurikulum, administrasi, aset sekolah dll
d) Memudahkan pekerjaan sekolah
tersebut dalam segala aspek mulai dari BK, TU dan lain -lain
e) Dapat mengangkat BRAND IMAGE sekolah
tersebut secara tidak dengan memiliki fasilitas manajemen modern.
Keuntungan SIMDIK yang diperoleh
orang tua dan siswa, yaitu :
a) Siswa dapat berkreasi membuat
blog/email dll
b) Siswa dapat memantau ilmu dari luar
sekolah
c) Siswa dapat berkorespondensi dengan
sesama pelajar diseluruh dunia
d) Siswa dapat mencari info beasiswa
dari dalam/luar negeri
e) Orang tua dapat mengecek
absensi/daftar nilai melalui fasilitas SMS
Gateway Go To School tanpa perlu repot datang kesekolah
Gateway Go To School tanpa perlu repot datang kesekolah
f) Dapat memantau perkembangan
siswa/siswinya.
Untuk melihat selengkapnya makalah diatas silahkan Unduh dan Baca [ DISINI ]
0 Response to "Contoh Makalah Laporan Hasil Observasi "
Post a Comment