Contoh Makalah Laporan Hasil Observasi















Makalah terlengkap dan terupdate makalahku10 - Unduh Contoh Makalah Laporan Hasil Observasi 

Simak Selengkapnya Contoh Makalah Laporan Hasil Observasi 

Unduh juga Makalah Perkembangan Pendidikan Karakter Di Beberapa Bangsa
Unduh juga Makalah Perkembangan Fisik Usia Remaja

Hasil Observasi 


1.1 LATAR BELAKANG MASALAH

Era baru dalam dunia pendidikan, yaitu diperlukannya reformasi pendidikan yang berkaitan erat dengan sistem informasi yang dibutuhkan dalam pengembangan dunia pendidikan. Konsep ini memiliki nuansa bagaimana dunia pendidikan berusaha menggunakan perangkat komputer, yang dapat di aplikasikan sebagai sarana komunikasi untuk meningkatkan kinerja dunia pendidikan secara signifikan
Sistem informasi manajemen marupakan sistem operasional  yang malaksanakan beraneka-ragam fungsi untuk menghasilkan luaran yang berguna bagi pelaksanaan operasi dan manajemen organisasi yang bersangkutan. Penerapan sistem informasi manajemen pada kehidupan sehari-hari kini makin banyak dijumpai. Selain seperti pada bisnis, perbankan, pemerintahan, ataupun perhotelan. Dalam dunia pendidikan (SIMDIK) pun sistem informasi manajemen serta teknologi informasi sangatlah mendukung untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Penggunaan sistem informasi manajemen sekolah tidak hanya sebagai proses otomatisasi terhadap akses informasi, tetapi juga menciptakan akurasi, kecepatan, dan kelengkapan sebuah sistem yang terintegrasi, sehingga proses organisasi akan berjalan dengan efisien, terukur dan fleksibel.
Di dunia pendidikan, banyak sekali lembaga pendidikan yang berhasil mengembangkan teknologi informasi dalam mendukung proses pembelajarannya, baik di dalam maupun di luar negeri  sehingga dapat mengadopsi pola pembelajaran yng lebih mudah, cepat, memiliki nilai tambah serta inovatif dalam mencari formulasi baru untk memberikan tambahan ilm maupun keterampilan bagi peserta didiknya. Sekolah yang melakukan pelayanan terhadap siswa merupakan institusi yang sangat membutuhkan kehadiran teknologi informasi sebagai pendukung peningkatan kualitas pelayanan. 
Selain itu demi mendukung kelancaran aktivitas perangkat sekolah dalam berkomukasi, baik dengan pihak intern sekolah maupu dengan pihak ekstern sekolah, perlu adanya hubungan yang baik antara sekolah dengan masyarakat. Hal ini pun bisa menjadi penentu persentase suatu sekolah.

1.2 PEMBATASAN MASALAH

Karena pembahasan dari Sistem Informasi Manajemen dan Hubungan Sekolah dengan Masyarakat amat luas, maka penulis membatasi permasalahan yang akan dibahas pada laporan observasi ini yaitu : 
1.        Konsep dari sistem informasi manajemen.
2.        Konsep dari Hubungan atau kerjasama seklah dengan masyarakat
3.        Bagaimana system informasi manajemen yang dikelola di SMK Pasundan 3 Bandung
4.        Bagaimana hubungan sekolah yaitu SMK Pasundan 3 Bandung dengan masyarakat.

1.3 TUJUAN

Tujuan penulis membuat laporan ini adalah untuk:
1.        Untuk memenuhi tugas mata kuliah Pengelolaan Pendidikan.
2.        Sebagai penambah pengetahuan dan wawasan tentang analisa system informasi yang berjalan dalam suatu sekolah serta mengetahui bagaimana hubungan suatu sekolah dengan masyarakat,

1.4 METODE OBSERVASI

Metode yang digunakan untuk mendapatkan data-data dan informasi tentang manajemen sistem informasi dan mengenai hubungan sekolah dengan masyarakat SMK Pasundan 3 Bandung perpustakaan ialah dengan wawancara kepada pihak yang bersangkutan.  Selain dengan metode wawancara kami juga mendapatkan informasi dari website SMK Pasundan 3 Bandung.

BAB II
PROFIL SEKOLAH

2.1 Sejarah Singkat

SMK PASUNDAN 3 BANDUNG merupakan tingkat satuan pendidikan di bawah naungan Yayasan Pendidikan Dasar dan Menengah (YPDM) Pasundan yang telah lama berkiprah dalam memajukan pendidikan di Jawa Barat dan Banten. SMK PASUNDAN 3 BANDUNG berdiri pada tahun 2005 dengan membuka tiga kompetensi keahlian yaitu Akuntansi, Administrasi Perkantoran, dan Multimedia dengan status TERAKREDITASI " A " (AMAT BAIK) pada tahun 2008.
Untuk memenuhi kebutuhan pasar tenaga kerja, dibutuhkan sumber daya manusia yang memiliki keahlian, profesional, produktif dan mandiri, karena itulah SMK PASUNDAN 3 BANDUNG berupaya mempersiapkan lulusan agar senantiasa terserap di dunia kerja maupun melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi sesuai bidang keahliannya.

2.2 Visi SMK Pasundan 3 Bandung

Menjadi lembaga pendidikan tingkat menengah yang berbudaya dan menghasilkan sumber daya manusia unggul, berwawasan global, profesional, kompeten, serta mampu bersaing di pasar nasional maupun internasional.

2.3 Misi SMK Pasundan 3 Bandung


Melaksanakan pendidikan dan pelatihan yang berwawasan keunggulan dengan ciri khas budaya daerah untuk menghasilkan tamatan yang bertaqwa, berbudaya, mempunyai unjuk kerja dan kemampuan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kehidupan bermasyarakat.

BAB III
KERANGKA MATERI

3.1  SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENDIDIKAN

Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (SIMDIK) adalah sebuah sistem informasi untuk kebutuhan manajemen lembaga pendidikan dalam hal ini adalah sekolah, yaitu TK, SD, SMP, dan SMA. SIMDIK dikembangkan secara terpadu dimulai dari proses operasional pendaftaran siswa baru, proses akademik, pengelolaan keuangan, sampai operasional siswa menjadi alumni.
SIMDIK merupakan proses operasional sekolah. SIMDIK juga dirancang sesuai dengan standar JARDIKNAS. Segala kebutuhan pelaporan dari sekolah ke Dinas Pendikan Daerah maupun untuk kebutuhan Depdiknas dapat dilakukan dengan mudah. Dengan adanya SIMDIK manajemen pendidikan menjadi lebih mudah dan terkontrol
Dalam menghadapi globalisasi, sistem informasi semakin dibutuhkan oleh lembaga pendidikan, khususnya dalam meningkatkan kelancaran aliran informasi dalam lembaga pendidikan, kontrol kualitas, dan menciptakan aliansi atau kerja sama dengan pihak lain yang dapat meningkatkan nilai lembaga pendidikan tersebut.

          3.1.1 Pengertian Sistem Informasi Manajemen

Sistem informasi manajemen (SIM), dalam bahasa Inggris:management information system (MIS) adalah bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusiadokumen,teknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis seperti biaya produk, layanan, atau suatu strategi bisnis.
Sistem informasi manajemen,  istilah yang umum dikenal orang adalah sebuah sistem manusia/mesin yang terpadu (intregeted) untuk menyajikan informasi guna mendukung fungsi operasi, manajemen, dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi. Sistem ini menggunakan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) komputer, prosedur pedoman, model manajemen dan keputusan, dan sebuah “data base”.
Sistem informasi manajemen dibedakan dengan sistem informasibiasa karena SIM digunakan untuk menganalisis sistem informasi lain yang diterapkan pada aktivitas operasional organisasi. Secara akademis, istilah ini umumnya digunakan untuk merujuk pada kelompok metode manajemen informasi yang bertalian dengan otomasi atau dukungan terhadap pengambilan keputusan manusia, misalnya sistem pendukung keputusansistem pakar, dan sistem informasi eksekutif.
Dari uraian diatas dapat disimpulkan, Sistem informasi manajemen adalah suatu sistem yang dirancang untuk menyediakan informasi guna mendukung pengambilan keputusan pada kegiatan manajemen (perencanaan, penggerakan, pengorganisasian, dan pengendalian) dalam organisasi.
Sistem informasi manajemen merupakan keseluruhan jaringan informasi yang ditujukan kepada pembuatan keterangn-keterangn bagi para manajer dan para pengguna lainnya yang berfungsi untuk pengambilan keputusan atau kebutuhan lain dalam cakupan organisasi ataupun perorangan. informasi itu sendiri, merupakan data yang telah diolah, dianalisis melalui suatu cara sehingga memiliki arti dan makna (worth). Sedangkan data adlah fakta, atau fenomena yang belum dianalisis, seperti jumlah, angka, nama, lambang yang menggambarkan suatu obyek, ide, kondisi ataupun situasi.
Hal-hal yang perlu mendapat perhatian dalam SIM, adalah sebagai berikut.
1.      Perlu diidentifikasi jenis-jenis informasi yang dibutuhkan.
2.      Perlu ditentukan sumber data dan informasi yang dibutuhkan.
3.      Perlu ditentukan siapa yang membutuhkan informasi dan kapan.
4.      Perlu dikomunikasikan informasi itu secara tepat, terpercaya kepada para pengguna.
Ada beberapa persyaratan agar informasi yang dibutuhkan itu dapat berfungsi, bermanfaat bagi para pengambil keputusan dan pengguna lainnya, yaitu uniformity, lengkap, jelas, dan tepat waktu.
Konsep sistem informasi manajemen memiliki beberapa karakteristik, yaitu sebagai berikut.
1.      Dalam suatu organisasi terdapat satu bagian khusus sebagai pengelola SIM.
2.      SIM merupakan jalinan lalu lintas data dan informasi dari setiap bagian di dalam organisasi yang terpusat di bagian SIM.
3.      SIM merupakan jalinan hubungan antar bagian dalam organisasi melalui satu bagian SIM.
4.      SIM merupakan segenap proses yang mencakup: pengumpulan data, pengolahan data, penyimpanan data, pengambilan data, dan penyebaran informasi dengan cepat dan tepat.

3.1.2 Pengertian Sistem Informasi Manajemen Pendidikan

Ada beberapa pengertian tentang Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (SIMDIKdiantaranya, yaitu :
a)      SIMDIK atau yang disebut SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DAN PENDIDIKAN adalah suatu sistem data sekolah berbasis ITC dimana segala data base sekolah bisa tersimpan dengan aman serta dapat terkoneksi mela           lui suatu server.
b)      SIMDIK adalah sebuah sistem informasi untuk kebutuhan manajemen lembaga pendidikan dalam hal ini adalah sekolah. Sekolah yang dapat di cover dengan SIMDIK ini adalah sekolah TK, SD, SMP, SMA dan sederajat.
c)      Sistem Informasi Manajemen Pendidikan merupakan perpaduan antara sumber daya manusia dan aplikasi teknologi informasi untuk memilih, menyimpan, mengolah, dan mengambil kembali data dalam rangka mendukung kembali proses pengambilan keputusan bidang pendidikan. Data-data tersebut adalah data empiris atau data/fakta sebenarnya yang benar-benar ada dan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.
Dengan mempertimbangkan uraian-uraian di atas dapat dikemukakan definisi alternatif sistem informasi manajemen pendidikan, yakni: sistem, yang terdiri dari sekelompok orang, pedoman, dan perangkat pengolah data, yang memantau dan mengambil kembali data dari lingkungan, yang memperoleh data dari transaksi dan operasi dalam organisasi, dan yang menyaring, mengatur, dan memilih data serta menyajikannya sebagai informasi kepada para pemangku kepentingan pendidikan/sekolah, terutama bagi para manajer pendidikan pada semua level dan fungsi organisasi, untuk mendukung pengambilan keputusan dalam menjalankan fungsi-fungsi manajemen, untuk mendukung komunikasi, dan untuk mendukung kegiatan operasional, termasuk di dalamnya kegiatan instruksional.

3.1.3 Cakupan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (SIMDIK)

Ruang Lingkup SIMDIK Back-office :
a)      Koneksi dan setting, Identitas sekolah, setting tahun ajaran, seting kurikulum, koneksi database, dan format tanggal.
b)      Pengelolaan Kesiswaan, Pengelolaan biodata masing-masing siswa, beasiswa, kasus kedisiplinan, data kesehatan, data periksa, prestasi, perpindahan (mutasi) siswa, sampai pengelolaan data alumni.
c)      Pengelolaan Akademik, Laporan nilai hasil ujian secara periodik, data nilai KTSP, data nilai KBK, data absensi, data bimbingan dan penyuluhan, data kasus siswa, rencana pengajaran, pengelolaan mata pelajaran, penjadwalan, dan prestasi akademik.
d)      Pengelolaan Guru dan Karyawan, Manajemen biodata guru dan karyawan, data keluarga, riwayat pendidikan, pendidikan tambahan(kursus, training, seminar, workshop dsb).
e)      Pengelolaan Keuangan, Manajemen pembayaran biaya pendidikan, administrasi dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah)dan penggunaannya, biaya tambahan, seperti : biaya praktikum, biaya ekstra, dll.
f)       Pengelolaan Perpustakaan, Pengelolaan buku (judul, kategori & deskripsi), status keanggotaan dan peminjam, stock inventory, Jurnal keluar masuk buku, laporan-laporan terdiri dari : statistik peminjaman, statistik keluar masuk buku, rekap peminjaman, dan rekap pengembalian.
g)      Pelaporan, Pelaporan siswa (induk siwa, kesehatan, periksa kesehatan, biasiswa, kasus, dan bimbingan) per siswa, per kelas dan seluruh siswa, pelaporan guru/pegawai (induk pegawai, bidang pengajaran), rencana pengajaran, nilai, kelulusan, statistik dan laporan ke DEPDIKNAS (data sekolah, siswa dan guru)
h)       Bank Soal, Pengolahan data bank soal, penyimpanan soal,pencarian dan pencetakan

3.1.4 Tujuan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (SIMDIK)

Tujuan dari dibangunnya informasi berupa aplikasi Sistem Informasi Pendidikan adalah:
a)      Membantu seluruh bagian yang berperan di dunia pendidikan dengan memberikan
informasi yang menyeluruh tentang pendidikan dari tingkat sekolah dasar hingga
sekolah menengah umum atau yang setara dengannya.
b)      Memberikan sarana agar seluruh bagian yang berperan dalam dunia pendidikan yang ada di propinsi / kota kabupaten agar dapat berperan aktif dalam usaha memajukan usaha pendidikan.
c)       Pertanggungjawaban publik yaitu dengan memberikan informasi secara trasparan tentang kebijakan dan pemakaian sumber daya yang dialokasikan untuk dunia pendidikan.
d)      Meningkatkan pengetahuan guru dan murid tentang dunia informatika serta manfaat yang dapat diambil melalui beberapa pelatihan.
e)      Memberikan akses informasi yang mudah dan lengkap bagi pendidik dan siswa mengenai ilmu pengetahuan dan informasi pendidikan lainnya.

3.1.5 Nilai Lebih Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (SIMDIK)

Keunggulan dari sistem ini adalah :
a)      Sesuai standar JARDIKNAS (Departemen Pendidikan Nasional), sehingga pembuatan laporan dari masing-masing sekolah maupun dari Dinas Pendidikan dapat dengan mudah dan cepat di sampaikan tanpa harus membuat laporan ulang dan tanpa harus mencetak laporan, hal ini karena format laporan dan jaringan sudah disesuaikan dan menggunakan konsep singkronisasi online.
b)      Kemudahan dan kecepatan proses pengolahan, penyimpanan, pencarian, pelaporan data dan informasi yang dibutuhkan.
c)      Dikembangkan secara integrated untuk kebutuhan administrasi akademik sekolah.
d)     Sistem dapat disesuaikan dengan kebutuhan lembaga/institusi pendidikan terkait.
Keuntungan SIMDIK yang diperoleh sekolah, yaitu :
a)      Dapat memantau perkembangan pendidikan siswa secara akurat
b)      Dapat meningkatkan pelayanan di bidang pendidikan kepada masyarakat secara akurat.
c)      Dapat menyimpan database sekolah mulai dari data siswa,guru serta karyawan yang terdiri dari data akademik, sistem kurikulum, administrasi, aset sekolah dll
d)     Memudahkan pekerjaan sekolah tersebut dalam segala aspek mulai dari BK, TU dan lain -lain
e)      Dapat mengangkat BRAND IMAGE sekolah tersebut secara tidak dengan memiliki fasilitas manajemen modern.
Keuntungan SIMDIK yang diperoleh orang tua dan siswa, yaitu :
a)      Siswa dapat berkreasi membuat blog/email dll
b)      Siswa dapat memantau ilmu dari luar sekolah
c)      Siswa dapat berkorespondensi dengan sesama pelajar diseluruh dunia
d)     Siswa dapat mencari info beasiswa dari dalam/luar negeri
e)      Orang tua dapat mengecek absensi/daftar nilai melalui fasilitas SMS
Gateway Go To School tanpa perlu repot datang kesekolah
f)       Dapat memantau perkembangan siswa/siswinya.

Untuk melihat selengkapnya makalah diatas silahkan Unduh dan Baca [ DISINI ]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Makalah Laporan Hasil Observasi "