PENDAHULUAN
Latar Belakang Masalah
Banyak
mahasiswa yang merasa tidak cocok dengan jurusan yang mereka ambil. Faktanya Dari hasil penelitiannya dengan mewawancara 50
responden, Country Manager La Trobe University (Australia), Ina Liem
mengatakan, lebih dari 50% mengaku salah memilih jurusan di perguruan tinggi.
Mereka merasa jurusan yang diambil tidak sesuai dengan minat dan bakatnya
sehingga tidak berkembang dan sulit mengikuti pelajaran. Sehingga menyebabkan
kurangnya motivasi belajar ataupun kurang bahagia dalam menjalaninya. Hurlock
(1978:114) menjelaskan bahwa minat menjadi sumber motivasi yang kuat untuk
belajar. Etikawati (2006:36) menjelaskan bahwa minat
turut menentukan keunikan pribadi, karena dianggap sebagai sesuatu yang dipilih
untuk menunjukkan eksistensi dirinya. Minat juga akan memberikan kepuasan dan
kebahagiaan bagi seseorang jika dapat mengekspresikannya.
Salah
satu faktor penyebab ketidak cocokan jurusan yang diambil ialah karena adanya
paksaan dari orang tua. Orang tua sering kali mengabaikan minat serta bakat
yang dimiliki anak demi mencapai ambisi mereka sendiri. Ini terkait juga dengan
pola asuh orang tua yang otoriter. Padahal seharusnya pola asuh otoriter sudah
lama ditinggalkan, mengingat saat ini sudah berada di era demokrasi. Orang tua
seharusnya berdiskusi dalam hal minat dan bakat anaknya, sehingga orang tua
dapat memberi kebebasan anaknya dalam
mengambil jurusan. Jadi anak dapat mempertanggungjawabkan apa yang dipilihnya,
dan merasakan kenyamanan dalam menjalani perkuliahan.
Mahasiswa
yang dipaksa oleh orang tuanya sering kali tidak dapat mengungkapkan minat
sebenarnya, terkait dengan ketakutan, mengecewakan orang tua ataupun tidak
biasa mengutarakan pendapatnya. Mereka terjebak antara kewajiban sebagai anak,
yang harus mematuhi orang tua dan sebagai individu yang bebas menentukan hak
untuk masa depannya. Akhirnya, mereka memiliki dua jalan keluar yaitu tetap
mengoptimalkan kuliah yang diambil untuk membanggakan orang tua. Namun, dengan
hati yang tertekan atau mengabaikan
kuliah mereka karena tidak dapat beradaptasi
dengan jurusan yang tidak mereka minati. Weiten (1995:215) menjelaskan
terdapat dua kemungkinan respon sebagai proses adaptasi. Pertama adalah respon
menghadapi ( fight), kedua adalah respon menghindar (flight).
Maka dari itu, berkaitan dengan adanya masalah
psikologis dan situasi sulit yang timbul pada mahasiswa sehubungan dengan
tekanan psikologis akibat dipaksa mengambil jurusan yang bukan minatnya
mengundang minat peneliti untuk melakukan penelitian, karena peneliti ingin
mengetahui dampak-dampak psikologis apa saja yang terjadi pada mahasiswa yang
terkait dalam situasi tersebut.
Perumusan Masalah
Dari
latar belakang masalah di atas, permasalahan dalam penelitian ini dibatasi pada perilaku mahasiswa yang tertekan secara psikologis akibat
otoritas orangtua.
mahasiswa
yaitu remaja usia 19 tahun, pada
dasarnya mahasiswa memiliki minat dan bakat yang berbeda dengan pilihan orangtuanya, Mahasiswa UAI dan UI yang menjalani perkuliahan.
Tujuan Penelitian
Tujuan
utama penelitian ini untuk mengetahui
dampak psikologis mahasiswa
yang dipaksa orangtua dalam memilih jurusan.
Pertanyaan penelitian
1)
Bagaimana dampak psikologis pada
mahasiswa yang dipaksa orang tua dalam memilih jurusan yang
tidak diinginkan?
2)
Apa alasan mahasiswa bertahan di jurusan yang tidak diinginkan?
3)
Bagaimana cara mahasiswa beradaptasi dengan jurusan yang tidak disukai?
4)
Apakah yang memotivasi mahasiswa untuk mendapatkan nilai bagus?
5)
Apakah terdapat tekanan mental dalam menjalani hidup sebagai mahasiswa?
Manfaat
Penelitian
Hasil
dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pembaca yang
membaca penelitian ini. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah:
1. Menambah pengetahuan tentang kondisi psikilogis
remaja yang tertekan.
2. Sebagai petunjuk dan pengetahuan orangtua agar
tidak menerapkan otoritas sehingga mau mendengarkan dan menghargai pendapat
anak.
3. Bagi pembaca dengan adanya penelitian ini
diharapkan agar mengutamakan demokrasi dan musyawarah dalam kehidupan, terutama
didalam lingkup keluarga.
4.
Memberikan informasi
bahwa pentingnya dalam memahami orang lain, khususnya dalam penelitian ini
memahami keinginan anak dan orangtua.
KAJIAN PUSTAKA
Selengkapnya dapat saudara unduh makalah diatas pada link dibawah ini
[ DOWNLOAD ]
Baca dan download juga :
- Download Aplikasi Laporan BOS Per Triwulan
- Download Aplikasi RKAS BOS Perubahan 2017
- Download Aplikasi SPPD, Kwitansi dan SPJ BOS Terbaru
- Download Contoh SK Bendahara BOS.doc
- Download Aplikasi Cetak Kwitansi Laporan BOS
- Download Aplikasi EDS RKS RKAS Resmi dari kemendikbud
- Pedoman Pelaksanaan Pemilihan Pengawas di Sekolah/Madrasah Berprestasi tahun 2017 terbaru
- Download aplikasi Administrasi Guru Berbasis SIM ( Sistem Informasi Manajemen )
- Terbaru Kumpulan Materi PramukaSiaga dan Penggalang Lengkap
- Juknis Program Pengembangan KeprofesianBerkelanjutan (PKB) tahun 2017
- Unduh Permendikbud no.4 tahun 2017 tentang juknisDAK BOP PAUD
- Download AplikasiLaporan Pencapaian Kompetensi Kurikulum 2013 Terlengkap 2017
- Download Aplikasi Bimbingan Konseling dan Cetak LampiranTerbaru
- Download AplikasiHitung Usia Siswa Otomatis dan Praktis 2017
- Download Aplikasi Supervisi Administrasi Perencanaan dan Penilaian Pembelajaran Tahun 2017
- Download Aplikasi Pembukuan Bendahara dan Cetak Kwitansi 2016 Excel
- Download Aplikasi Jadwal Pelajaran Anti Bentrok SD,SMP,SMA,SMK
0 Response to "MAKALAH DAMPAK PSIKOLOGIS MAHASISWA YANG DIPAKSA ORANG TUANYA DALAM MEMILIH JURUSAN"
Post a Comment