makalahku10 - Makalah Penggunaan Metode Representasi Grafik Dalam Permasalahan Matematika Pada Kehidupan Sehari-Hari
Selamat berjumpa kembali di blog makalahku10.blogspot.com ,kali ini admin akan membahas mengenai makalah IPA yang berjudul Makalah Penggunaan Metode Representasi Grafik Dalam Permasalahan Matematika Pada Kehidupan Sehari-Hari dalam mata kuliah matematika.Lihat juga pada makalah sebelumnya yaitu Makalah Data Berkala dalam Mata Kuliah Statistik
Langsung saja mari kita simak makalah tersebut dibawah ini.
Abstrak
Pada mulanya Penggunaan
Metode Representasi Grafik Dalam Permasalahan Matematika Pada Kehidupan
Sehari-hari ini akan dicoba oleh peneliti dengan subjek beberapa siswa SMA
kelas X yang peneliti kumpulkan di daerah Minggir. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui apakah siswa/peserta didik dapat mengartikan atau
mengoperasikan apa yang diminta jika ada permasalahan matematika dan untuk
menyelesaikan permasalahan tersebut tidak hanya terpaku dengan rumus matematika
saja tetapi menggunakan cara yang ditemukan oleh siswa dengan cara
menggambarkannya. Untuk penelitian ini permasalahan yang akan diangkat adalah
permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Sesungguhnya hal ini masih menjadi kesulitan
tersendiri bagi siswa/peserta didik. Pada metode representasi grafik ini siswa
masih mengalami kesulitan dalam menangkap dan memberi gambaran pada apa yang
diminta atau diperintahkan oleh soal. Artikel yang disusun dengan tujuan
mengetahui apakah metode representasi grafik ini berguna untuk memancing
imajinasi, sehingga tidak hanya terpaku pada rumus matematika saja.
Kata kunci :
Metode, Representasi Grafik, Gambar, Imajinasi, dan Tanggapan.
A.
Pendahuluan
Perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi mengharuskan untuk meningkatkan daya pikir,
kreativitas dan imajinasi, serta wawasan yang luas untuk dapat beradaptasi
dengan hal yang baru. Salah satu usaha untuk meningkatkan hal
tersebut adalah melalui bidang penididikan, yaitu dengan menggunakan bermacam-macam metode pembelajaran.
Metode
pembelajaran adalah salah satu alat guna membantu jalannya pembelajaran agar
siswa mendapat kemudahan dalam belajar dan menangkap isi pembelajaran yang
disajikan oleh pengajar. Metode pembelajaran juga dapat membantu memecahkan dan
menyelesaikan permasalahan yang sedang dialami siswa. Ada berbagai jenis metode
pembelajaran seperti metode representasi grafik, metode jigsaw, metode role
playing, metode talking stick, dsb.
Metode
representasi adalah salah satu alat bantu dalam pemahaman konsep pembelajaran.
Salah satunya adalah metode representasi grafik yang berupa permisalan dengan
gambar-gambar yang mewakilinya. Umumnya metode ini digunakan di semua jenjang
pendidikan dan hampir seluruh materi pembelajaran guna membantu pemahaman
siswa. Yang sering menggunakan gambar-gambar atau grafik secara garis besar
adalah proses pembelajaran matematika.
Matematika sebagai salah satu pelajaran
di jenjang pendidikan formal, merupakan cabang ilmu yang menekankan pada
penguasaan konsep dan algoritma, serta pemecahan masalah. Suatu konsep mudah
dipahami dan diingat peserta didik bila konsep tersebut disajikan melalui
prosedur dan langkah-langkah yang tepat, jelas, dan menarik. Matematika juga disebut sebagai mata pelajaran yang
sulit oleh peserta didik.
Proses pembelajaran tersusun atas
sejumlah komponen atau unsur yang saling berkaitan satu dengan lainnya. Interaksi
antara pembimbing dan peserta didik pada saat proses
belajar mengajar memiliki peran penting pada tercapainya tujuan.
Kegagalan pembimbing dalam menyampaikan materi dapat disebabkan oleh proses belajar
mengajar yang kurang membuat semangat peserta didik dalam mengikuti pelajaran khususnya pada mata pelajaran matematika. Ada juga
pembimbing yang mengalami
kesulitan membuat peserta didik memahami materi yang disampaikan
sehingga hasil belajar rendah. Dengan hal-hal tersebut, peneliti ingin mengetahui
apa yang menjadi kesulitan belajar peserta didik hingga
menghasilkan hasil belajar yang rendah dan tidak tepat sasaran.
Tercapainya
keberhasilan
pembelajaran matematika dapat diukur dengan hasil pembelajaran peserta didik kegiatan pembelajaran. Tidak hanya hasil pembelajaran, namun diukur juga tingkat
pemahaman dan penguasaan materi.
Semakin tinggi pemahaman dan penguasaan materi maka semakin tinggi pula tingkat
keberhasilan pembelajaran.
B. Tinjauan Pustaka
Dari beberapa artikel yang sudah ada peneliti tertarik dengan artikel yang
membahas metode representasi grafik. Artikel yang ditinjau adalah milik jstor.
Banyak beberapa artikel yang sangat menarik di www.jstor.org namun peneliti
tertarik dengan artikel yang membahas metode representasi grafik karena cara
metode ini sangat menekankan kemampuan imajinasi siswa/peserta didik agar mau
mencoba dan mencari tahu sendiri bagaimana proses pengerjaan suatu soal atau
permasalahan. Metode representasi grafik sering digunakan oleh berbagai lembaga
pendidikan agar siswa/peserta didik terpancing ke ingin tahuannya dengan
permasalahan-permasalahan yang nyata di kehidupan sehari-hari. Imajinasi
siswa/peserta didik sangat penting untuk mengembangkan kemampuan menganalisa
permasalahan
C.
Metode Penelitian
Metode
penelitian adalah cara-cara atau langkah-langkah yang akan dilakukan oleh
peneliti. Metode penelitian ini lebih cenderung sebagai pertanggungjawaban
mengenai metode yang dipakai selama penelitian. Uraian mengenai
pertanggungjawaban metode yang digunakan melibatkan pembahasan mengenai jenis
penelitia, subyek penelitian, teknik pengumpulan data, instrumen penelitian dan
teknik analisis data.
·
Jenis Penelitian
Penelitian kali ini
menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Menurut Lexy J. Moleong
(2006:8) penelitian kualitatif merupakn suatu bentuk penelitian yang bermaksud
untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian
misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dll. Secara holistik, dan
dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks
khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. Jadi, pada
dasarnya penelitian deskriptif kualitatif menekankan pada keadaan yang
sebenarnya, dan berusaha mengungkap fenomena-fenomena yang ada dalam keadaan
tersebut.
·
Subyek penelitian
Subyek penelitian ini adalah beberapa siswa kelas X SMA Negeri
1 Minggir Sleman.
·
Teknik pengumpulan data
Teknik pengumpulan
data yang dilakukan peneliti adalah menganalisa hasil pekerjaan siswa. Hasil pekerjaan
siswa dianalisa, kemudian dari hasil analisa pekerjaan siswa tersebut diambil
kesimpulan.
·
Instrumen penelitian
-
Kegiatan pertama
Peneliti menyuruh siswa untuk mengambar apa yang sedang
dipikirkan dan siswa menjelaskan gambar tersebut.
-
Kegiatan kedua
Peneliti menyuruh siswa menggambar
satu jembatan, satu tiang listrik, satu motor, satu anjing atau kucing, tiga
anak kecil lima burung dara, dan beberapa awan.
-
Kegiatan ketiga
Penelliti meyusuh siswa menyelesaikan permasalahan sehari-hari
dengan metode representsi grafik.
D.
Hasil dan Pembahasan
·
Hasil penelitian
Dari
empat orang siswa, peneliti memperoleh hasil penelitian sebagai berikut :
Siswa A
dengan hasil gambar 1.1, gambar 2.1, dan gambar 3.1. Siswa B dengan hasil
gambar 1.2, gambar 2.2, dan gambar 3.2. Siswa C dengan hasil gambar 1.3, gambar
2.3, dan gambar 3.3. Siswa D dengan hasil gambar 1.4, gambar 2.4, dan gambar
3.4.
0 Response to "Makalah Penggunaan Metode Representasi Grafik Dalam Permasalahan Matematika Pada Kehidupan Sehari-Hari"
Post a Comment