Makalah Sentralisasi dan Desentralisasi


Makalah terlengkap dan terupdate makalahku10 - Unduh Makalah Sentralisasi dan Desentralisasi

Baca selengkapnya Makalah Sentralisasi dan Desentralisasi

Unduh juga
Unduh juga  Makalah Petrologi Batuan Beku



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Sentralisasi merupakan salah satu fungsi dalam manajemen suatu organisasi. Dan berfungsi untuk memusatkan seluruh wewenang sejumlah kecil manajer atau yang berada di posisi puncak pada suatu struktur organisasi. Dan sentralisasi memiliki kelebihan seperti Lebih mudah untuk menerapkan kebijakan umum dan praktek untuk bisnis secara keseluruhan, mencegah bagian lain dari bisnis menjadi terlalu mandiri, Lebih mudah untuk mengkoordinasikan dan mengendalikan dari pusat, Lebih cepat pengambilan keputusan lebih mudah untuk menunjukkan kepemimpinan yang kuat.
Sedangkan penyerahan urusan pemerintah dari pusat kepada daerah. Pelimpahan wewenang kepada Pemerintahan Daerah semata- mata untuk mencapai suatu pemerintahan yang efisien. Yang memiliki fungsi Harus meningkatkan motivasi staf, Keputusan yang dibuat lebih dekat dengan pelanggan, Konsisten dengan bertujuan untuk menyanjung hirarki, Cara yang baik untuk melatih dan mengembangkan manajemen junior.

Dan untuk mengatasi kelemahan Sistem informasi manajemen seperti dengan meningkatkan efisiensi operasional yaitu menginvestasikan di dalam teknologi sistem informasi yang dapat menolong operasi perusahaan menjadi lebih efisien, memperkenalkan inovasi dalam bisnisyaitu Penggunaan ATM (automated teller machine) dalam perbankan merupakan contoh yang baik dari inovasi teknologi sistem informasi. dan membangun sumber-sumber informasi strategis yaitu Teknologi sistem informasi memampukan perusahaan untuk membangun sumber informasi strategis sehingga mendapat kesempatan dalam keuntungan strategis
B.     Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah yang ada, maka penulisan dapat merumuskan beberapa masalahnya, diantaranya sebagai berikut :
1.      Apa Pengertian Sentralisasi
2.      Apa Kelebihan Sentralisasi
3.      Apa Kelemahan Sentralisasi
4.      Apa Dampak Positif dan Negatif Sentralisasi
5.      Apa Pengertian Desentralisasi
6.      Apa Kelebihan Desentralisasi
7.      Apa Kelemahan Desentralisasi
8.      Apa Dampak Positif dan Negatif Desentralisasi
9.      Apa saja Faktor yang Mempengaruhi Derajat Desentralisasi
10.  Apa Pengertian Manajer dan Tanggung Jawab Sosial Manajer

C.     Tujuan Penulisan
Berdasarkan rumusan masalah diatas, penulis mencoba merumuskan beberapa tujuan, yang sebagai berikut :
1.      Mengetahui Pengertian Sentralisasi
2.      Mengetahui Kelebihan Sentralisasi
3.      Mengetahui Kelemahan Sentralisasi
4.      Mengetahui Dampak Positif dan Negatif Sentralisasi
5.      Mengetahui Pengertian Desentralisasi
6.      Mengetahui Kelebihan Desentralisasi
7.      Mengetahui Kelemahan Desentralisasi
8.      Mengetahui Dampak Positif dan Negatif Desentralisasi
9.      Mengetahui Faktor yang Mempengaruhi Derajat Desentralisasi
10.  Mengetahui Pengertian Manajer dan Tanggung Jawab Sosial Manajer

BAB II
PEMBAHASAN

A.    Sentralisasi

1.      Pengertian Sentralisasi

Sentralisasi adalah memusatkan seluruh wewenang sejumlah kecil manajer atau yang berada di posisi puncak pada suatu struktur organisasi. Sentralisasi banyak digunakan pada pemerintahan lama di Indonesia sebelum adanya otonomi daerah.
Dewasa ini, urusan- urusan yang bersifat sentral adalah :
a.       Luar Negeri
b.      Peradilan
c.       Hankam
d.      Moneter dalam arti mencetak uang, maupun menentukan nilai uang
e.       Pemerintahan Umum
Kelemahan dari sistem sentralisasi adalah di mana seluruh keputusan dan kebijakan di daerah dihasilkan oleh orang-orang yang berada di pemerintah pusat, sehingga waktu yang diperlukan untuk memutuskan sesuatu menjadi lama. Kelebihan sistem ini adalah di mana pemerintah pusat tidak harus pusing-pusing pada permasalahan yang timbul akibat perbedaan pengambilan keputusan, karena seluluh keputusan dan kebijakan dikoordinir seluruhnya oleh pemerintah pusat.
2.      Kelebihan  Sentralisasi :

a.       Lebih mudah untuk menerapkan kebijakan umum dan praktek untuk bisnis secara keseluruhan.
b.      Mencegah bagian lain dari bisnis menjadi terlalu mandiri.
c.       Lebih mudah untuk mengkoordinasikan dan mengendalikan dari pusat.
d.      Lebih cepat pengambilan keputusan lebih mudah untuk menunjukkan kepemimpinan yang kuat.

3.      Kelemahan Sentralisasi

a.       Manajer lokal cenderung jauh lebih dekat dengan kebutuhan pelanggan.
a.       Kurangnya otoritas turun hirarki mungkin mengurangi motivasi manajer.
b.      Layanan pelanggan tidak mendapat manfaat dari fleksibilitas dan kecepatan dalam pengambilan keputusan local.

4.      Dampak Positif dan Negatif Sentralisasi

a.       Segi Ekonomi
efek positif yang di berikan oleh sistem sentralisasi ini adalah perekonomian lebih terarah dan teratur karena pada sistem ini hanya pusat saja yang mengatur perekonomian.
Sedangkan dampak negatifnya adalah daerah seolah-olah hanya di jadikan sapi perahan saja dan tidak dibiarkan mengatur kebijakan perekonomiannya masing- masing sehingga terjadi pemusatan keuangan pada Pemerintah Pusat.
b.      Segi Sosial Budaya
perbadaan kebudayaan yang dimiliki bangsa Indonesia dapat di persatukan. Sehingga setiap daerah tidak saling menonjolkan kebudayaan masing-masing dan lebih menguatkan semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang di miliki bangsa Indonesia.

Sedangkan dampak negatif yang di timbulkan sistem ini adalah pemerintah pusat begitu dominan dalam menggerakkan seluruh aktivitas negara. Dominasi pemerintah pusat terhadap pemerintah daerah telah menghilangkan eksistensi daerah sebagai tatanan pemerintahan lokal yang memiliki keunikan dinamika sosial budaya tersendiri, keadaan ini dalam jangka waktu yang panjang mengakibatkan ketergantungan kepada pemerintah pusat yang pada akhirnya mematikan kreasi dan inisiatif lokal untuk membangun lokalitasnya.

c.       Segi Keamanan dan Politik

Dampak positif yang dirasakan di bidang politik sebagai hasil penerapan sistem sentralisasi adalah pemerintah daerah tidak harus pusing-pusing pada permasalahan yang timbul akibat perbedaan pengambilan keputusan, karena seluluh keputusan dan kebijakan dikoordinir seluruhnya oleh pemerintah pusat. Sehingga keputusan yang dihasilkan dapat terlaksana secara maksimal karena pemerintah daerah hanya menerima saja.

Sedangkan dampak negatifnya adalah terjadinya kemandulan dalam diri daerah karena hanya terus bergantung pada keputusan yang di berikan oleh pusat. Selain itu, waktu yang dihabiskan untuk menghasilkan suatu keputusan atau kebijakan memakan waktu yang lama dan menyebabkan realisasi dari keputusan tersebut terhambat.

Unduh dan Baca selengkapnya makalah diatas [ DISINI

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makalah Sentralisasi dan Desentralisasi"