Makalah Teknik Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian

kumpulan makalah terlengkap dan terupdate makalahku10 - Unduh Makalah Teknik Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian

BAB I
Pendahuluan

A.      Latar Belakang Masalah
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran, agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Salah satu sumber daya manusia pendukung yang berperan dalam peningkatan kualitas mutu pendidikan adalah guru.
Guru sebagai perangkat yang ikut terlibat dalam penyelenggaraan pendidikan dituntut profesional sehingga dapat melaksanakan pembelajaran yang relevan dan inovatif. Oleh karena itu, guru dituntut menggunakan paradigma baru dalam pembelajaran. Salah satunya yaitu pembelajaran yang berpusat pada siswa (Student Oriented). Pemahaman siswa tentang materi pelajaran yang diajarkan dapat dilihat dari hasil belajar siswa. Kreativitas siswa akan muncul jika guru memberikan kepada siswa agar mau mengembangkan pola pikirnya, mau mengemukakan ide-ide, kreatif, dan inovatif dalam mengelola pelajaran
Pendidikan anak merupakan upaya melahirkan generasi berkualitas tinggi untuk itu metode yang di terapkan harus mampu memotivasinya pada pemahaman hakikat habluminallah dan habluminannas. Melalui metode tersebut maka anak akan


terperihala fitrahnya tanpa kehilangan eksistensinya sebagai manusia kecil yang butuh akan pemahaman.
B.       Rumusan Masalah
1.      Apa yang dimaksud dengan Pengumpulan Data?
2.      Sebutkan jenis-jenis metode atau instrumen pengumpulan data!
C.      Tujuan
1.      Untuk mengetahui pengertian Pengumpulan Data.
2.      Untuk mengetahui jenis-jenis metode atau instrumen pengumpulan data.



BAB II
Pembahasan

A.      Pengertian Pengumpulan data
Pengumpulan data dilakukan untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan dalam rangka mencapai tujuan penelitian. Tujuan yang diungkapkan dalam bentuk hipotesis merupakan jawaban sementara terhadap petanyaan penelitian. Jawaban itu masih perlu diuji secara empiris, dan untuk maksud inilah dibutuhkan pengumpulan data. Data yang dikumpulkan ditentukan oleh variabel-variabel yang ada dalam hipotesis. Data itu dikumpulkan oleh sampel yang telah ditentukan sebelumnya. Sampel tersebut terdiri atas sekumpulan unit analisis sebagai sasaran penelitian. Secara sederhana, pengumpulan data diartikan sebagai proses atau kegiatan yang dilakukan peneliti untuk mengungkap atau menjaring berbagai fenomena, informasi atau kondisi lokasi penelitian sesuai dengan lingkup penelitian.
Menurut Suharsimi Arikunto (2006:1630) bahwa metode penelitian adalah cara yang digunakan oleh peneliti dalam mengumpulkan data penelitiannya, sedangkan instrumen penelitian adalah alat atau fasilitas yang digunakan oleh peneliti dalam mengumpulkan data agar pekerjaannya lebih mudah, dan hasilnya lebih baik, dalam arti lebih cermat,lengkap, dan sistematis sehinggalebih mudah diolah.
Instrumen penelitian adalah alat bantu yang dipilih dan digunakan oleh peneliti dalam kegiatannya mengumpulkan agar kegiatan tersebut menjadi sistematis dan


dipermudah olehnya. Instrumen pengumpulan data adalah cara-cara yang dapat digunakan oleh peneliti untuk mengumpulkan data. Instumen sebagi alat bantu dalam menggunakan metode pengumpulan data merupakan sarana yang dapat diwujudkan dalam benda, misalnya tes, kusioner/angket, interview/wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Menurut Suharsimi Arikunto (2006:149) ada beberapa instrumen yang namanya sama dengan metodenya, antara lain:
1.      Instrumen untuk metode tes a\dalah tes atau soal tes;
2.      Instrumen untuk metode angket atau kusioner adalah angket atau kusioner;
3.      Instrumen untuk metode observasi adalah check-list;
4.      Instrumen untuk metode dokumentasi adalah pedoman dokumen-tasi atau dapat juga check-list.

Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa pengertian pengumpulan data dan instrumen penelitian adalah suatu proses yang dilakukan untuk mengungkap berbagai fenomena yang terjadi di masyarakat dengan menggunakan berbagai cara dan metode agar proses ini berjalan secara sisitematis dan lebih dapat dipertanggung jawabkan kevaliditasnya.

Baca dan Unduh Selengkapnya [ DISINI ]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makalah Teknik Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian"