Contoh Makalah Praktik Kerja Industri ( PRAKERIN )

kumpulan makalah terlengkap dan terupdate makalahku10 - Unduh Contoh Makalah Praktik Kerja Industri ( PRAKERIN )


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Prakerin
            Sejalan dengan era baru yang belakangan ini marak di perbincangkan baik di dalam maupun di luar negeri, Perusahaan adalah salah satu pelaku ekonomi yang berperan besar dalam peningkatan daya saing nasional maupun internasional guna menghadapi era pasar bebas dunia.
            Tujuan diadakannya prakerin yaitu menjadikan Siswa/I dapat lebih bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas dan mampu bekerja sesuai dengan bidangnya.
            Kegiatan prakerin mempunyai tujuan lain yaitu sebagai study banding antara ilmu yang diperoleh dari sekolah dengan kenyataan yang ada di dunia kerja dan para Siswa/I mendapatkan pengetahuan dan pengalaman serta wawasan yang lebih luas tentang dunia kerja.

1.2 Pengertian Prakerin
            Praktek Kerja Industri adalah suatu bentuk Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Keahlian Kejuruan yang memadukan secara sistematik sinkronisasi program pendidikan di sekolah dan program pengusaha keahlian yang diperoleh melalui bekerja langsung di Dunia Kerja, terarah untuk suatu tingkat professional tertentu.
            Dalam pengertian lain Praktek Kerja Industri adalah suatu cara Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Kejuruab khususnya pada sekolah Taruna Terpadu 1 dan 2 yang memadukan kegiatan belajar di sekolah dan kegiatan belajar melalui bekerja langsung dibidangnya serta suasana yang sesungguhnya dan relevan di Dunia Kerjanya.
            Dalam pengertian tersebut mengandung arti tersirat bahwa ada dua pihak yaitu lembaga pendidikan dan pelatihan lapangan kerja Dunia Usaha /Dunia Industri yang bersama-sama menyeleggarakan suatu program pendidikan dan pelatihan kejuruan, kedua belah pihak secara sungguh-sungguh terlibat dan bertanggung jawab mulai dari tahap perencanaan program, tahap penyelenggaraan sampai tahap evaluasi dan kelulusan peserta didik serta upaya-upaya pemasaran tamatannya.


1.3 Tujuan Prakerin
            Kegiatan Prakerin mempunyai tujuan tersendiri antara lain :
1.      Melatih Siswa/I untuk lebih bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas.
2.      Untuk menambah wawasan dan pengetahuan yang lebih dalam tentang dunia kerja.
3.      Sebagai studi banding antara ilmu yang diperoleh dari sekolah dengan kenyataan di dunia kerja.
4.      Agar Siswa/I lulusan sekolah menengah kejuruan dapat langsung kerja sesuai dengan bidangnya.
5.      Sebagai salah satu syarat mengikuti ujian Negara serta kelulusan.

1.4 Waktu Pelaksanaan prakerin
            Berdasarkan surat edaran Sekolah dijelaskan lamanya pelatihan di Dunia Usaha/dunia Industri atau Instansi pasangan adalah minimal tiga bulan dari tanggal 13 Juli sampai 13 September dan dapat disesuaikan dengan kondisi setempat.
            Dan penyelenggaraan Praktek Kerja/Pelatihan dengan cara Blok Release yang dilaksananakan pada Semester Ganjil.




BAB II
URAIAN UMUM

2.1 Sejarah Singkat Lahirnya Bank BTN
            Bank BTN lahir pada masa penjajahan bangsa Belanda yaitu sekitar tahun 1897, pada saat itu masih bernama postpaarbank yang berkedudukan di Batavia ( Jakarta ). Bank BTN berkali-kali berganti nama mulai dari postpaarbank, kemudian berganti menjadi Tyokin Kyoku yang dikendalikan oleh pemerintahan Jepang. Kemudian berganti nama lagi menjadi Kantor Tabungan Pos. Tidak lama kemudian berganti nama lagi menjadi Bank Tabungan Pos Republik Indonesia. Akhirnya pada 9 februari 1950 Bank Tabungan Pos dibekukan dan dibentuklah Bank BTN. Maka setiap tanggal 9 februari diperingati sebagai hari kelahiran Bank BTN.

2.2 Kegiatan Perusahaan/Instansi

  1. Pelayanan Prima ( Sevice Excellence )
  2. Inovasi ( Innovation )
  3. Keteladanan ( Role Model )
  4. Profesionalisme ( Professionalism )
  5. Integritas ( Integrity )
  6. Kerjasama ( Team Work )
Untuk Melihat struktur makalah yang lain dapat anda unduh dan baca [ DISINI
Baca artikel terkait mengenai Makalah tentang Teknik Pengumpulan Data

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Makalah Praktik Kerja Industri ( PRAKERIN )"