Makalah Dampak Modernisasi Bahasa Di Era Global

Makalah terlengkap dan terupdate makalahku10 - Unduh Makalah Dampak Modernisasi Bahasa Di Era Global

ABSTRAK
Perkembangan teknologi dan kebudayaan di zaman modern telah ikut serta menyebabkan tergesernya suatu nilai-nilai yang berkaitan dengan suatu bangsa. Salah satunya yaitu bahasa atau lebih tepatnya dalam hal ini bahasa Indonesia. Apalagi dengan munculnya fenomena bahasa gaul yang sekarang ini sudah banyak digunakan oleh hampir seluruh orang Indonesia. Tidak hanya karena adanya bahasa gaul, kebanyakan dari mereka juga terpengaruh oleh budaya luar dan penggunaan bahasa yang sifatnya universal. Sehingga dengan sendirinya bahasa Indonesia tersingkirkan secara perlahan. Globalisasi secara tidak langsung memberikan pengaruh positif dan negatif terhadap perkembangan  bahasa Indonesia. Salah satu pengaruh positif yang terjadi adalah pemuda-pemudi sekarang jadi lebih pandai dalam menggunakan bahasa asing. Mereka dapat berkomunikasi dengan warga negara lain yang bahasanya tidak sama dengan bahasa indonesia melalui bahasa internasional. Karenanya mereka jadi lebih berpeluang untuk dapat sukses. Selain dari segi bahasa, pengaruh positif juga datang dari teknologi yang semakin canggih. Kompetisi di era globalisasi ini mengharuskan setiap orang ahli atau setidaknya bisa dalam hal pengaplikasian komputer serta segalanya yang berhubungan dengan hal tersebut di atas. Sedangkan pengaruh negatif yang ditimbulkan yaitu eksistensi bahasa Indonesia yang semakin terancam terpinggirkan, dan menurunnya derajat bahasa Indonesia.


Kata kunci: modernisasi, bahasa, dan globalisasi.     



I.       PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
Seiring dengan berkembangnya zaman khususnya di Indonesia semakin terlihat pengaruh yang diberikan oleh bahasa gaul terhadap bahasa Indonesia dalam penggunaan tata bahasanya. Penggunaan bahasa gaul oleh masyarakat luas menimbulkan dampak negatif terhadap perkembangan bahasa Indonesia sebagai identitas bangsa pada saat sekarang dan masa yang akan datang. Dewasa ini, masyarakat sudah banyak yang memakai bahasa gaul dan parahnya lagi generasi muda Indonesia juga tidak terlepas dari pemakaian bahasa gaul ini. Bahkan generasi muda inilah yang banyak memakai bahasa gaul daripada pemakaian bahasa Indonesia. Untuk menghindari pemakaian bahasa gaul yang sangat luas di masyarakat, seharusnya kita menanamkan kecintaan dalam diri generasi bangsa terhadap bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional. Dalam pergaulan internasional, bahasa Indonesia mewujudkan identitas bangsa Indonesia.
            Salah satu dampak dari pembangunan dan perkembangan jaman adalah modernisasi. Dampak dari modernisasi yang paling terlihat adalah gaya hidup, seperti cara berpakaian, cara belajar, aplikasi teknologi yang semakin maju maupun cara bertutur kata (pemakaian bahasa). Dilihat dari cara bertutur kata atau dalam pemakaian bahasa, dewasa ini munculnya bahasa gaul sangat fenomenal terutama terlihat pada kalangan masyarakat (remaja) khususnya yang ingin diakui sebagai remaja masa kini. Bahasa gaul adalah dialek bahasa Indonesia nonformal yang digunakan oleh komunitas tertentu atau di daerah tertentu untuk pergaulan. Bahasa gaul identik dengan bahasa percakapan (lisan). Kemunculan bahasa gaul ini dapat menggeser penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar

B.     Rumusan masalah
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut dapat dirumuskan masalah sebagai berikut:
Bagaimana dampak modernisasi terhadap perkembangan bahasa indonesia di era global sekarang ini?

II.    PEMBAHASAN
A.      Pengertian Modernisasi
Modernisasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah proses pergeseran sikap dan mentalitas sebagai warga masyarakat untuk dapat hidup sesuai dengan tuntutan masa kini; pemodernan. Sedangkan dalam Wikipedia mengunggapkan modernisasi dalam ilmu sosial merujuk pada sebuah bentuk transformasi dari keadaan yang kurang maju atau kurang berkembang ke arah yang lebih baik dengan harapan akan tercapai kehidupan masyarakat yang lebih maju, berkembang, dan makmur. Dalam makalah ini saya mengangkat tema mengenai dampak modernisasi terhadap perkembangan bahasa Indonesia. Indonesia pada saat ini sudah bisa dibilang mengalami modernisasi dalam bidang bahasa, yaitu dengan banyaknya penggunaan bahasa asing dalam bidang pendidikan serta lapangan pekerjaan. Hal itu memang sebuah kemajuan namun disisi lain kita secara tidak langsung mengalami penjajahan dalam bidang bahasa.
B.       Pengertian Bahasa
Bahasa adalah suatu lambang bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia yang bersifat arbitrer dan konvensional. Bahasa sebagai lambang bunyi artinya bentuk-bentuk bahasa selain yang berwujud bunyi bukan termasuk bahasa dalam arti yang primer. Tulisan, gambar, isyarat gestur, atau semaphore misalnya, bukan termasuk bahasa sebab tidak berwujud lambang bunyi. Lambang bunyi yang dimaksud dalam hal itu harus yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Bunyi kenthongan, peluit, ataupun tepuk tangan sekalipun bukan termasuk kategori bahasa sebab tidak dihasilkan oleh alat ucap manusia. Bahasa itu bersifat arbitrer dan konvesional artinya penamaan konsep atau benda tertentu bersifat bebas. Konsep binatang berkaki empat yang biasa digunakan orang untuk menarik kereta, oleh orang jawa dinamai jaran; oleh orang Indonesia dinamai kuda, dan oleh orang Inggris dinamai horse. Penamaan konsep atau benda tersebut bersifat bebas namun kebebasan yang dikamsud harus konvensional artinya mendapat kesepakatan para pemakai bahasa yang bersangkutan. (Suroso, 2012:3-4)

Baca dan Unduh selengkapnya [ DISINI

Unduh juga makalah lain terkait tentang Analisis Implementasi Pengampunan Pajak

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makalah Dampak Modernisasi Bahasa Di Era Global"