Makalah tentang Moksa Materi Kelas XII

wiskeypedia - Unduh Makalah tentang Moksa Materi Kelas XII

Moksa


BAB I
PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang
Bersatunya Atman dengan Brahman tercapailah keadaan Sat cit ananda, yaitu kebahagiaan yang abadi, kondisi seperti inilah yang disebut dengan nama moksa. Moksa merupakan salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari Panca Sraddha. Umat Hindu meyakini bahwa moksa merupakan pokok keimanan. Bagi umat Hindu kata moksa sering disamakan artinya dengan kata mukti atau kelepasan. Moksa merupakan tujuan yang tertinggi bagi umat Hindu. Dengan mempedomani diri dan mengamalkan cinta kasih serta ketidak terikatan secara berkesinambungan seseorang dapat mencapai moksa. Kata moksa mudah diucapkan namun sulit dapat diwujudkan dalam hidup dan kehidupan ini. Betapapun sulitnya hal itu dapat kita wujudkan, bila diupayakan dengan niat suci, sungguh-sungguh dan berlandaskan kitab suci. Dengan demikian sesulit apapun sesuatu yang ingin kita capai tentu dapat diwujudkan dengan sempurna.
Moksa adalah salah satu sraddha dalam agama Hindu. Hal ini merupakan tujuan hidup tertinggi dari umat Hindu. Kebahagiaan yang sejati ini baru akan dapat tercapai oleh seseorang bila ia telah dapat menyatukan jiwanya dengan Tuhan. Penyatuan dengan Tuhan itu baru akan didapat bila ia telah melepaskan semua bentuk ikatan keduniawian pada dirinya.  Agama mengajarkan banyak usaha yang dapat ditempuh untuk mewujudkan moksa. Tingkatan – tingkatan yang ada didalam Moksa dapat dibagi menjadi Jiwamukti, Widehamukti dan Purnamukti yang dibagi kembali menjadi Samipya, Sarupya, Salokya, dan Sayujya. Tingkatan ini ada dimana orang mendapatkannya dengan karmanya yang ada di dunia. Agar memperoleh tingkatan moksa yang baik, maka kita harus mempunyai karma yang baik , bisa ditempuh dengan Astangga Yoga yang bagiannya Yama, Nyama, Asana, Pranayama, Pratyahara, Dharana, Dhyana dan Samadhi. Agar lebih terpusat dan memusatkan pikirian kepada Sang Hyang Widhi , ada cara yang ditempuh yaitu Catur Marga Yoga.
Manusia yang lahir dan hidup di dunia ini memiliki tujuan, yang disebut dengan istilah tujuan hidup manusia. Manusia tidak sekedar dilahirkan dan setelah lahir dibiarkan begitu saja. Manusia dilahirkan, dipelihara, dibesarkan, dan dididik dalam lingkungan yang berbeda-beda. Pengalaman yang didapat dari pengaruh lingkungan sekitar manusia hidup dapat mengembangkan sikap mental dan cita-citanya. Sifat-sifat pribadi manusia, kemampuan dan kecenderungan, agama yang dianutnya, kebiasaan, ideologi dan politik bangsa, memberikan pengaruh besar terhadap tingkah laku manusia dalam mewujudkan tujuan hidupnya. Tujuan hidup manusia di dalam Agama Hindu disebut “Purusartha”. “Purusha” berarti manusia, utama, dan “artha” berarti tujuan. Purusartha berarti tujuan hidup manusia yang utama.
Setiap orang yang menyatakan diri sebagai umat Hindu berkewajiban untuk mengamalkan ajaran agamanya. Kewajiban mengamalkan ajaran agama seperti ini telah dilaksanakan secara turun-temurun sejak nenek moyang ada. Kebiasaan nenek moyang diwarisi oleh generasi ke generasi berikutnya. Kebenaran dari keyakinannya beragama seperti itu dipandang memberikan manfaat positif bagi keselamatan dan kelangsungan hidupnya. Untuk dapat mencapai moksa, seseorang harus memahami, mempedomani, dan mematuhi persyaratan-persyarata proses mencapai moksa dapat berjalan sesuai dengan norma-norma ajaran Agama Hindu.
1.2    Rumusan Masalah
1.    Apa yang dimaksud dengan Moksa?
2.    Bagaimana cara jalan menuju Moksa?
3.    Bagaimana bentuk penerapan ajaran astangga yoga dalam mewujudkan tujuan hidup manusia dan tujuan agama Hindu?
4.    Bagaimana tantangan dan hambatan dalam jalan mencapai moksa sesuai zamannya “globalisasi”?
5.    Bagaimana upaya – upaya dalam mengatasi hambatan dan tantangan untuk mencapai moksa menurut zamannya “globalisasi”?
1.3    Tujuan
1.      Agar siswa mengetahui apa yang dimaksud dengan Moksa
2.      Agar siswa mengetahui cara jalan menuju Moksa
3.      Agar siswa mengetahui bentuk penerapan ajaran astangga yoga dalam mewujudkan tujuan hidup manusia dan tujuan agama Hindu
4.      Agar Siswa mengetahui tantangan dan hambatan dalam jalan mencapai moksa sesuai zamannya “globalisasi”

5.      Agar Siswa mengetahui upaya – upaya dalam mengatasi hambatan dan tantangan untuk mencapai moksa menurut zamannya “globalisasi”

Untuk melihat BAB II dan BAB III dapat anda unduh [ DISINI ]

Baca juga makalah yang lain tentang makalah tentang masalah lingkungan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makalah tentang Moksa Materi Kelas XII"